Gambar Minggu ini




Ujian Nasional dipandang sebagai momok yang menakutkan. Apalagi setiap tahunya standar minimalnya terus di naikkan, sampai saat ini mencapai 5,50. Ujian Nasional tahun ini akan dilaksanakan untuk tingkat SMP tanggal 27-30 April 2009, SMA 20-24 April 2009 dan SMK tanggal 20-22 April 2009. Pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini (2009)untuk tingkat SMA ada wacana untuk di jadikan lima hari lain dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya dilaksanakan selama tiga hari saja. Sebenarnya apa sih tujuan dari Ujian ini?? Apakah penting Ujian Nasional ini???

Tujuan dari diadakannya evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui seberapa jauh siswa menguasai kompetensi mata pelajaran yang telah diajarkan oleh guru. Dan apa bila siswa tidak atau belum mampu menguasai seluruh kompetensi maka guru yang bersangkutan akan mengadakan yang namanya remidial atau perbaikan.

Sayangnya dengan penerapan kurikulum berbasis kompetensi saat ini, yang seharusnya guru bebas menyusun kurikulum, rencana persiapan pembelajaran, bahan ajar sampai pada evaluasi tidak dapat diterapkan sepenuhnya. Evaluasi saat ini masih di pegang sepenuhnya oleh pemerintah kususnya untuk menetukan kelulusan siswanya.

Kali ini saya ingin mengupas mengenai prinsip penilaian. Kalau kita lihat pada dasarnya prinsip penilaian itu ada sembilan yakni:::

1. Sahih artinya data yang diperoleh dari evaluasi pembelajaran dapat memberikan ukuran kemampuan siswa.

2. Obyektif artinya prosedur dan kriterianya jelas.

3. Adil artinya Perlakuan yang sama pada setiap peserta didik. Guru tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda antara siswa yang duduk di depan dengan siswa yang duduk di belakang saat evaluasi pembelajaran berlangsung.

4. Terpadu artinya merupakan bagian dari proses belajar mengajar. Guru sebelum mengadakan evaluasi terlebih dahulu menyelesaikan materi yang akan di evaluasi (1 Kompetensi Dasar).

5. Terbuka artinya kriteria dan prosedur diketahui pihak terkait. Guru sebelum mengadakan evaluasi terlebih dahulu mensosialisasikan ke siswa, bahwa akan dilakukan ujian.

6. Menyeluruh artinya semua aspek kompetensi di ujiakan dan berkesinambungan.

7. Sistematis artinya terencana dan baku

8. Kriteria artinya ada ukuran penerapan kompetensi.

9. Akuntabel artinya dapat dipertanggungjawabkan (teknik, alat dan mekanisme).

Kesembilan prinsip penilaian ini apabila dapat dilaksanakan sepenuhnya dengan baik saya yakin akan dapat mengukur siswa dengan sebenar-benarnya. Apakah siswa patut untuk di luluskan atau tidak.

Diharapkan dengan semua ini pembelajaran yang selama ini dilakukan oleh guru dapat dievaluasi dengan baik, benar dan adil oleh guru sendiri. Bukan oleh pemerintah. Artinya Ujian Nasional tidak lagi diperlukan, atau diselenggarakan. Lebih jauh kalau kita lihat dari segi anggaran, ujian nasional hanya membuang-buang uang negara yang nilainya milyaran rupiah (572 milyar). Evaluasi kelulusan cukup dilakukan oleh pihak sekolah saja.

0 komentar

Posting Komentar

Langganan: Posting Komentar (Atom)

Pengikut